Yu Cari Tahu Tips Jitu Merawat Pintu Geser Agar Tetap Awet

Salah satu dekorasi rumah terbaru saat ini yang sedang banyak diminati dan dilirik oleh berbagai kalangan adalah menggunakan sliding door atau yang akrab disebut dengan pintu geser. Pintu geser ini sendiri memiliki banyak jenis, ada pintu kaca geser, pintu kayu geser bahkan yang terbuat dari aluminium pun ada. Umumnya pintu geser seperti itu digunakan pada gedung-gedung besar seperti perkantoran, sekolah, hotel atau bahkan kampus. Akan tetapi seiring perkembangan zaman penggunaan pintu geser terutama yang bermaterial kaca sudah banyak digunakan pada rumah-rumah pribadi.

Pintu kaca geser akan membuat tampilan rumah menjadi lebih luas dan elegan, untuk kamu yang menggemari desain rumah minimalis terutama yang dengan konsepĀ alam atau outdoor jenis pintu ini akan sangat cocok. Selain sebagai pintu biasa, pintu geser yang terbuat dari kaca ini bisa juga dijadikan sebagai pembatas antar ruangan sehingga rumah menjadi lebih luas dan tampang terang. Selain memberikan ilusi lebih luas, penggunaan pintu geser ini juga akan memberikan kesan estetik pada ruangan.

Cara Untuk Merawat Pintu Geser Agar Tetap Awet

Nah jika kamu tertarik mengaplikasikan pintu kaca geser pada bagian di rumah mu, alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tetap awet. Sebagaimana diketahui pintu geser seperti ini tentu saja memiliki perawatan yang berbeda dari pintu biasa. Cara paling mendasar dan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan peredam benturan, biasanya alat peredam ini terbuat dari busa dan karet yang sangat elastis. Alat ini bisa kamu rekatkan pada bagian kusen pintu geser supaya ketika pintu terbentur terlalu keras ketika ditutup tidak akan merusak bagian yang lainnya.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Dia Tips Mudah Desain Kamar Mandi Ala Modern

Selain menggunakan peredam yang terbuat dari busa ataupun karet untuk merawat pintu geser kaca agar tetap awet kamu juga harus membersihkannya secara rutin. Minimal seminggu sekali pastikan kamu menggunakan alat pembersih kaca khusus berupa penyeka yang terbuat dari karet dan menggunakan sabun atau cairan pembersih kaca khusus. Untuk perawatan pembersihan ini jangan sekali-kali kamu menggunakan koran basah untuk mengelap bagian kaca yang terpasang ya, karena hal tersebut akan membuat kaca menjadi kusam dan ketika kering akan meninggalkan banyak noda air yang tidak indah dipandang.

Cara lainnya untuk merawat pintu geser agar tetap awet adalah dengan rutin membersihkan bagian roda juga. Pastikan kamu selalu mengecek bagian roda pintu geser ini ya, dari seluruh bagian pintu geser, bagian roda adalah yang paling sering rusak dan membutuhkan perawatan khusus. Apabila roda terkena debu, benang, rambut dan lilitan lainnya pintu tidak akan bisa lagi bergeser, tentu saja hal tersebut akan sangat merepotkan. Perlu menjadi perhatian khusus juga nih untuk kamu jika akan membersihkan bagian roda, pastikan roda tidak berkerak ya jika kamu mendapati pada bagian roda sudah berkerak cepat bersihkan menggunakan larutan detergen. Apabila kerak pada roda sudah sangat membandel dan sulit dibersihkan, lebih baik kamu meminta bantuan tukang pintu atau yang berkompeten untuk memperbaiki dan merawat khusus bagian roda dan railing ini.

Perawatan pintu geser kaca sangatlah mudah namun harus dilakukan secara rutin. Apabila kamu kurang merawat pintu geser yang ada di rumah maka pintu tersebut akan sulit dibuka atau menjadi berat ketika digeser untuk dibuka danĀ ditutup. Selamat mencoba!