Trik Hemat Menghangatkan Ruangan Anti Mahal

Trik Hemat Menghangatkan Ruangan Anti Mahal

Membangun rumah mempertimbangkan kecenderungan cuaca dimana rumah tersebut akan dibuat. Seperti desain rumah dengan plaforn tinggi didaerah tropis, agar suasana sejuk didalamnya. Area tempat tinggal didataran tinggi atau mengalami musin dingin perlu nuansa hangat agar penghuni rumah merasa nyaman didalamnya.

Trik Hemat Menghangatkan Ruangan Anti Mahal

Tips Mendesain Ruangan Bernuansa Hangat

Cara paling mudah untuk menghangatkan ruangan adalah memasang heater. Alat tersebut sangat lazim di apartment atau perumahan di area perkotaan. Heater merupakan solusi praktis untuk memberikan kehangatan instan ketika cuaca sangat dingin dibawah 0 derajat. Namun ada loh! cara lain yang lebih terjangkau dan sesuai kaidah interior desain yang bisa dicoba.

1. Pemilihan Warna Dinding

Ada kesan menghangatkan untuk pemilihan warna seperti merah bata, orange, koral atau coklat tua. Penggunaan warna  tersebut pada ruangan bisa memberikan kesan hangat yang sangat penting bagi orang yang berada didaerah dingin. Sebagai variasi dapat mencari wallpaper dengan motif hangat yang mudah ditemukan di toko wallpaper dengan harga wallpaper dinding yang variatif dengan motif beragam.

2. Material Gorden yang Tebal

Bahan gorden yang tebal dapat menjadi penghalang udara dingin terutama dari bagian jendela. Membuka jendela pada saat tertentu juga bisa menghangatkan udara dalam ruangan. Anda bisa membuka jendela dan membiarkanya masuk kala pagi dan matahari bersinar. Dengan menutup jendela dan gorden tebal disiang hari maka anda dapat menahan udara hangat di malam harinya.

3. Jendela Dan Pintu yang Rapat

Anda merasa udara dalam rumah sangat dingin, mungkin karena ada bagian rumah yang tidak tertutup rapat. Periksa bagian kusen dan bawah pintu. Bila ada celah diantaranya, maka bisa jadi itulah penyebab ruangan anda terasa terlalu dingin. Ada cara untuk mengatasinya. Cukup dengan menggunaka weather strip atau door sweep maka celah dapat ditutup rapat. Ada banyak benda yang dapat mengatasi adanya celah diruangan. Anda dapat menyumpalnya dengan bahan yang terbuat dari alumunium serta karet ini.

4. Menambahkan Perapian Dalam Ruangan

Sumber panas untuk interior diasosiasikan dengan adanya perapian. Tambahan struktur bangunan ini biasanya sudah ada dalam rumah. Terutama bila berada didaerah dengan musim dingin yang ekstrem. Untuk penambahan modern, kini banyak tungku perapian yang bisa dibeli dan dipasang pada rumah anda untuk menambahkan kehangatan.

Baca juga: Ketahanan Pintu UPVC Terhadap Segala Kondisi Yang Tiada Duanya

5. Penambahan Karpet di Lantai

Karpet di Lantai

Solusi menciptakan udara hangat dalam rumah bisa menggantikan pemanas ruangan dengan mengganti perabotan dalam ruangan yang lebih hangat. Terutama bila anda memiliki lantai keramik maka melangkah langsung diatas lantai akan terasa sangat dingin dicuaca hujan deras atau musim dingin. Berpijak di lantai karpet atau penggunaan karpet berukuran sedang dalam ruangan akan menambahkan rasa hangat.

6. Pencahayaan Lampu Pijar

Selain sebagai penerangan dalam ruangan, lampu juga dapat menjadi elemen penunjang untuk menghantarkan rasa lebih hangat dalam ruangan. Lampu pijar dengan berkas warna orange lebih memiliki efek menghangatkan dari pada lampu led. Kini bahkan varian lampu pijar ada yang sampai menyerupai api sebagai elemen hangat.

Bagaimana? Apakah anda kini cukup percaya diri dapat mengatasi cuaca dingin tak harus memiliki penghangat ruangan? Beli items yang bisa menghangatkan ruangan sesuai luas rumah dan budget yang dimiliki. Temukan toko bangunan yang jual wallpaper dinding, lampu pijar dan karpet yang hangat dengan harga terjangkau. Terapkan beberapa alternatif di atas dan rasakan apakah hasilnya rumah anda terasa lebih hangat?