Berbagai Tips Memasang Lantai Vinyl Sendiri yang Wajib Diketahui!

Tips Memasang Lantai Vinyl

Jika anda bosan terhadap interior rumah dan ingin mengubahnya tanpa harus merogoh kocek yang teramat dalam, maka bisa melakukan perubahan terhadap lantai rumah. Dengan harga vinyl lantai murah, maka bahan yang sangat cocok untuk anda gunakan selain juga mengubah interior ruangan menjadi elegan dan sesuai dengan kantong.

Vinyl yang digunakan untuk melapis lantai ini terbuat dari PVC dan anda bisa memilih warna dan pola sesuai dengan selera agar dapat senada dengan interior ruangan yang ingin direnovasi.

Vinyl juga sangat mudah untuk diaplikasikan sehingga anda bisa memasangnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk memasang lantai vinyl rumah tanpa bantuan ahli.

Tips Memasang Lantai Vinyl

Tips Memasang Lantai Jenis Vinyl Yang Baik dan Benar

Memasang Lantai Jenis Vinyl

Berikut hargabahan.com berikan langkah-langkah simpel yang bisa dilakukan untuk memasang lantai vinyl sendiri agar dapat membuat tampilan interior rumah anda menjadi berbeda:

  • Tips pertama yang harus dilakukan adalah memilih lantai tempat anda akan memasang vinyl. Ukurlah luas lantai ruangan agar dapat memastikan kebutuhan vinyl yang akan dipasang. Lebihkan bahan vinyl untuk cadangan apabila ada kesalahan dalam hal pemasangan.
  • Sebaiknya pindahkan terlebih dulu barang-barang yang ada di ruangan tersebut sebelum anda mengaplikasikan pelapis lantai tersebut. Anda tentu saja tidak perlu membongkar furniture yang telah permanan menempel pada tembok karena bisa melapis lantai di sekitar furniture tersebut.
  • Pastikan bahwa vinyl akan diaplikaskan pada lantai yang tak berlubang, rata, tak bergelombang dan lain-lain. Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda untuk memasang lapisan dasar seperti kayu lapis dengan tebal 1/4 inch. Vinyl akan dengan mudah menempel dengan baik dan benar apabila diaplikasikan di permukaan yang rata dan halus.
  • Apabila anda memilih lantai vinyl keramik dengan ukuran 30 x 30 dan memiliki motif, anda sebaiknya tidak melakukan kesalahan dalam hal penyusunan agar menjaga bentuknya tetap simetris. Mulailah dari ruangan bagian tengah untuk menyusun vinyl tersebut dan perlahan mengarah ke bagian sisi hingga kelar. Namun sedikit catatan yang harus anda pahami adalah sesuaikan luas ruangan apabila vinyl memiliki bentuk lembaran agar hasilnya lebih rapi.
  • Apabila lantai sudah halus dan rata sebelum memasang vinyl, langkah berikutnya adalah memasang lem. Mulailah dari pojok ruangan dan gunakan kuas cat untuk mengaplikasikan lem tersebut. Sebaiknya tunggu beberapa menit sebelum menempelkan vinyl agar terhindar dari menguapnya zat perekat yang biasanya akan mengakibatkan gelembung, hal ini akan mengakibatkan penampilan vinyl yang terlihat kasar. Sediakan lap basah untuk membersihkan bagian atas vinyl dari lem atau noda.
  • Langkah berikutnya setelah mengoleskan lem adalah memasang lantai jenis vinyl satu per satu secara berurutan. Anda harus memastikan agar mengaplikasikan kepingan vinyl pada tempat yang sesuai, sehinggatidak perlu memindahkannya lagi. Jika ini terjadi, lem akan ikut tertarik juga.
  • Pastikan anda menekan lantai vinyl dengan kuat setelah terpasang di lantai yang sudah dilumuri lem. Bila memungkinkan anda bisa menggunakan rolling pin sehingga vinyl menempel dengan erat dan kuat pada lantai dasar. Lakukanlah hingga anda selesai memasangnya.
  • Apabila telah selesai melakukan pekerjaan tersebut, sebaiknya anda tinggalkan dulu untuk beberapa jam sehingga lem mongering secara menyeluruh.

Itulah berbagai tips memasang lantai vinyl tanpa perlu bantuan orang lain. Semoga berbagai informasi tersebut dapat membantu. Selamat mencoba!

Artikel terkait: