Pilihan Jenis Keramik Elegan untuk Hunian Mewah

Pilihan Jenis Keramik Elegan untuk Hunian Mewah

Selain desain arsitektur hunian, pemilihan interior juga tak kalah penting. Pasalnya interior menunjang penampilan dalam rumah. Dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar, kamar mandi, dan dapur semuanya perlu diperhatikan. Satu hal yang terkadang sering luput dari perhatian adalah pemilihan keramik. Padahal walau sepele, lantai rumah juga memberikan nilai keindahan. Salah satu contohnya adalah lantai marmer. Jenis lantai ini memiliki nilai keindahan yang menawan dan diincar banyak orang.

Lantai Keramik dari Batu Marmer

Marmer merupakan batuan alami yang sangat kuat dan tahan lama. Memiliki aneka macam motif dan tekstur membuatnya banyak memiliki varian warna. Itulah yang membuat harganya beragam. Kendati demikian, lantai dari marmer ini merupakan favorit banyak orang karena tampilannya yang elegan. Ada yang berkilauan dengan motif tertentu, ada pula yang polosan.

Sebagai saran bagi Anda yang menyukai kemewahan tanpa berlebihan, coba pilih Astana Silver. Tak kalah bagus ada jenis White Pearl. Nuansa putihnya akan memberikan Anda ketenangan. Ada lagi jenis marmer lain yang tidak kalah elegan yaitu Bianco Rhino, Blanco Turco, Crystal Blue, dan Rosso Alicante.

keramik dapur

Sayangnya, lantai marmer memiliki permukaan yang licin, Jadi kurang tepat rasanya jika dipasang di area yang rawan basah seperti kamar mandi atau dapur. Sehingga disarankan untuk memilih keramik dapur atau kamar mandi dari jenis yang anti sellp (tidak licin).

Lantai Parket

Jenis lantai lain yang jadi favorit banyak orang untuk hunian mewah adalah parket dan kayu. Meski keduanya berbeda, keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama terbuat dari kayu. Yang membedakan adalah lantai kayu dari kayu utuh sedangkan parket dari kepingan kayu. Begitu pula pemasangannya, yang mana menggunakan skrup dan parket dengan paku tembak.

Lantai Parket

Macam parket ini ada banyak, dari yang solid hingga olahan. Apa bedanya? Solid dibuat menggunakan kayu asli 100 persen, sedangkan olahan tidak. Lapisan pertamanya adalah veener lalu diperkuat oleh lapisan keduanya yaitu plywood. Jenis solid dibagi lagi menjadi FJL dan FJ. Dalam satu modul, tipe FJL dipasang menggunakan beberapa sambungan kayu. Sedangkan tipe FJ dengan kayu utuh tanpa sambungan,

Jika dilihat dari bahan pembuatnya, jelas jenis parket solid memiliki masa pakai lebih lama dan kokoh. Namun, kalau ingin lebih ekonomis maka jenis olahan adalah solusinya. Toh beberapa tahun kemudian, jika Anda sudah bosan dan punya cukup uang pasti akan mengubah desain rumah termasuk mengganti keramik bukan?

Sayangnya, sama seperti marmer, lantai parket juga memiliki permukaan yang licin. Sebagai antisipasi, sebaiknya gunakan alas kaki anti selip. Kekurangan lainnya adalah pemasangannya yang agak lama karena butuh persiapan. Ini karena lantai parket dipasang di permukaan yang benar-benar rata. Alhasil Anda harus menyemen ulang permukaan.

Baca juga: Harga Kaca Tempered 12 mm Terpasang Terbaru Bulan Ini

Satu lagi yang paling mengganggu adalah parket bisa menimbulkan suara. Bisa dibayangkan jika ada anak-anak yang suka berlarian di rumah, tentu akan sangat mengganggu ketenangan. Kecuali jika Anda tidak masalah dengan hal itu, maka sah-sah saja memilihnya. Lagipula semua jenis lantai pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Huniah mewah tak hanya dilihat dari desain luarnya, tapi juga interior termasuk lantainya. Jadi, jangan asal pilih model dan motif lantai. Pilih dari jenis yang menampilkan kesan mewah seperti parket, marmer, atau jenis keramik lainnya. Toh, kalau hunian cantik Anda juga betah walaupun harus rela mengeluarkan banyak dana.