Lebih Dekat, Kenali Jenis Plafon Gantung Yang Umum Digunakan Pada Hunian.

Ada beragam jenis plafon yang biasa digunakan untuk bagian atap ruangan yang memiliki fungsi untuk menutup rangka atap rumah, meredam suara, hingga peredam panas dari matahari. Selain fungsi di atas, plafon juga berfungsi sebagai penambah daya tarik bagi hunian menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Sebenarnya dari banyak jenis plafon lebih didasari oleh material bahannya, mulai dari pvc, triplek, gypsum, akustik dan lainnya. Demi membuat tampilan atap rumah lebih menarik untuk dipandang, pemilihan jenis-jenis plafon pun perlu menjadi bahan pertimbangan. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis-jenis plafon yang Umum digunakan pada hunian yang bisa dipakai untuk membangunkan sisi lain pada rumah Anda.

Penasaran apa saja jenis plafon gantung tersebut? Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis ya!

Mengenal Ragam Jenis Plafon Gantung di Rumah

Bagi Anda yang sangat punya hobi mengotak-atik desain interior rumah, tentu tidak ingin salah dalam memilih furnitur atau item lainnya bukan? Terutama pada bagian atap rumah yang perlu dipertimbangkan secara matang dan terkonsep serta selaras dengan desain rumah. Berikut ini jenis plafon gantung yang mungkin cocok untuk bagian atap hunian Anda.

1. Plafon Akustik

Pada pemilihan jenis plafon yang satu ini akan membuat tampilan rumah lebih tenang karena plafon jenis akustik dapat meredam suara atau kebisingan dari luar rumah. Plafon akustik juga dapat dipasang pada bangunan yang memiliki material kayu ataupun metal. Kelebihannya ada pada beratnya yang termasuk ringan dan tentunya akan lebih mempermudahkan dalam proses pengerjaan atau pemasangannya sendiri. Jika Anda tertarik memasangnya di atap rumah sebaiknya pilihlah dengan benar plafon akustik murah tapi memiliki kualitas yang baik.

2. Plafon PVC

Selain jual plafon akustik, biasanya para penyedia juga ada plafon dengan material PVC yang dijajakan. Plafon jenis ini terbuat dari bahan dasar yang sama dengan pembuatan pipa air yakni menggunakan material bernama polyvinyl Chloride. Kelebihan dari jenis ini adalah memiliki daya tahan tinggi terhadap serangga, api ataupun air, serta lebih ringan, kuat dan ada beragam motif yang bisa dipilih.

3. Plafon Kayu

Jenis yang satu ini biasanya berbentuk lembaran yang punya ukuran 1×9 cm. Bila Anda ingin membuat rumah lebih nyaman, asri dan natural pemilihan plafon kayu bisa diandalkan. Bila ingin membelinya Anda bisa membelinya ditempat yang sama dengan tempat jual plafon akustik ataupun PVC.

Baca juga: Nuansa Bali Yang Penuh Budaya Bisa Hadir Dalam Interior Restoran, Hanya Di Sini!

4. Plafon Gypsum

Nah, jenis gypsum merupakan salah satu jenis yang paling banyak dipilih oleh pemilik hunian sebagai pelengkap desain interior ataupun konsep rumahnya. Memiliki harga yang sama seperti plafon akustik murah, plafon gypsum juga relatif terjangkau dan varian rangka kayu atau metal juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Plafon Metal

Plafon Metal

Untuk jenis plafon ini terbuat dari lempengan metal yang tipis dengan cara diembos atau di cetak kemudian dirapihkan dengan menyemprotkan finishing cat mintak dengan warna pilihan. Kelebihannya, plafon metal dapat membuat rumah terlihat lebih mewah dan elegan. Tak hanya itu, jenis metal lebih unggul karena anti rayap dan air.

Nah itu dia 5 jenis plafon gantung yang umum dan banyak digunakan oleh masyarakat. Pada dasarnya jenis apapun memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, hanya saja bahan materialnya yang membedakan serta harganya yang menyesuaikan dengan materialnya. Semakin sulit dalam proses pembuatannya dan kelebihannya, maka harganya juga akan menyesuaikan. Hayo dari kelima jenis plafon di atas, adakah yang ingin Anda gunakan?