Langkah Cara Pasang Pintu Kayu di Kusen Aluminium

Pintu adalah bagian penting pada sebuah bangunan, di mana pintu menjadi penghubung bagian luar dengan bagian dalam rumah. Pintu sendiri banyak sekali model dan juga menggunakan material yang berbeda-beda. Namun, hingga saat ini sendiri material kayu masih menjadi primadona untuk pintu. Selain mudah untuk diberikan hiasan, pintu kayu juga memberikan kesan elegan. Apalagi pintu akan dilihat oleh orang banyak, maka sudah pasti harus memilih pintu yang sesuai.

Cara Pasang Pintu Kayu di Kusen Aluminium

Selain memilih desain daun pintu, pemilihan kusen juga berpengaruh untuk memberikan tampilan yang diinginkan. Biasanya pintu kayu akan menggunakan kusen dengan material yang sama, akan tetapi Anda juga dapat menggunakan kusen aluminium yang terkenal lebih kuat dan terjangkau. Tentu saja cara memasang pintu kayu pada kusen berbahan aluminium ini sangatlah berbeda. Sehingga perlu sekali untuk diperhatikan.

Cara Memasang Pintu Kayu di Kusen Aluminium

Pemilihan kusen dengan bahan aluminium memang lebih dipilih oleh masyarakat. Apalagi bahan aluminium sendiri memiliki kelebihan yang menguntungkan untul dijadikan material bangunan. Harga jual kusen aluminium juga terbilang sangat terjangkau. Di bawah ini sendiri adalah penjelasan cara memasang pintu kayu di kusen berbahan aluminium. Berikut caranya:

1. Pasang kusen

Langkah pertama tentu saja dengan memasang kusen aluminium terlebih dahulu. Untuk memasang kusen dengan bahan aluminium sangatlah berbeda dengan kusen kayu. Jika kusen kayu harus menyatu dengan bata, maka kusen berbahan besi aluminium ini tidak. Anda hanya perlu melubangi bagian yang ingin dipasangi kusen.

Pastikan lubang pada dinding ini posisinya sama dengan lubang yang ada pada kusen bahan aluminium ini. Jika sudah, Anda hanya perlu memasang kusen dengan baut yang dibor. Apabila sudah maka untuk finishing, bagian dinding yang kurang rapi dapat dirapikan dengan menggunakan semen atau mortar.

2. Pasang engsel pada pintu

Langkah selanjutnya adalah dengan memasang engsel pada pintu terlebih dahulu. Untuk memasang engsel ini tidak ada cara khusus, Anda hanya perlu memasang kusen dengan sekrup khusus pintu. Namun, Anda harus perhatikan bahwa jangan menggunakan sekrup bawaan dari engsel. Anda dapat menggunakan sekrup yang berujung rata atau sekrup gypsum. Hal ini sendiri karena jika menggunakan sekrup bawaan akan membuat engsel patah.

3. Pasang pintu ke kusen

Tidak seperti jenis kusen kayu yang harus dibobok jika ingin memasang pintu, maka pemasangan pintu kayu dengan kusen dari aluminium ini Anda hanya perlu langsung memasangnya saja. Jangan melubangi kusen terlebih dahulu. Langsung saja masukan sekrup dan kencangkan ke kusen aluminium dengan bor. Pemasangan ini harus hati-hati, karena jika salah maka kusen tidak dapat dilubangi ulang.

4. Buka dan tutup pintu

Ketika melakukan pemasangan sekrup engsel ke kusen, ada baiknya buka dan tutup pintu berulang kali. Pasanglah sekrup secara perlahan dan lakukan pengecekan dengan membuka pintu dan tutup kembali. Hal ini sendiri dilakukan agar dapat mengetahui apakah pintu sudah terpasang dengan tekanan yang tepat atau belum. Pastikan bahwa engsel juga terpasang dengan benar sehingga pintu bisa berfungsi dengan baik.

Itulah cara memasang pintu kayu pada kusen dengan bahan aluminium. Bisa terlihat bahwa memasang pintu kayu di kusen ini tidaklah susah dan prosesnya lebih cepat. Untuk mendapatkan kusen dengan kualitas terbaik, Anda lebih baik membelinya di tempat jual kusen aluminium yang terbaik dan juga sudah terpercaya.

Related Posts