Kombinasi Wallpaper Korea dan Arsitektur Kayu Ciptakan Kesan Klasik Dalam Properti Modern

Arsitektur Kayu

Hargabahan.com – Perpaduan antara wallpaper yang tepat dan dekorasi kayu menjadikan kesan klasik sebuah ruangan terasa lekat.

Apa yang bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah nuansa klasik untuk properti atau ruangan bergaya modern? Mungkin akan ada banyak jawaban yang tersedia. Akan tetapi dari sekian banyak jawaban tersebut, penggunaan wallpaper korea dan juga aplikasi berbagai furniture berbahan dasar kayu dapat menjadi pilihan yang menarik.

Rumah bergaya klasik adalah rumah dengan konsep utamanya menganut paham sederhana atau simple. Ini juga dapat berarti bahwa aksesories, penggunaan material, penataan furniture juga bersifat sederhana. Semua selalu disandarkan pada nilai estetika dan juga fungsi objek tersebut. Secara umum ruangan bertema klasik meninggalkan kesan ribet yang terlalu penuh.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah dengan nuansa klasik?

Setidaknya ada dua hal yang paling mudah diaplikasikan untuk menciptakan nuansa klasik dalam sebuah rumah. Dua hal ini adalah penempatan background berupa wallpaper yang tepat untuk mendapatkan kesan simple, dan yang kedua adalah dengan memilih dominan warna kayu sebagai warna mayoritas ruangan.

  • Menciptakan nuansa klasik dengan wallpaper

nuansa klasik dengan wallpaper

Sesuai dengan fungsinya, wallpaper adalah untuk menutupi dinding dengan corak dan motif tertentu. Wallpaper pun terdiri dari dua macam yakni wallpaper dinding dan wallpaper plafon.

Pada rumah dengan nuansa klasik, baik wallpaper dinding mau pun wallpaper plafon dapat digunakan secara bersamaan. Namun pada umumnya wallpaper dinding memang lebih banyak digunakan untuk menciptakan sebuah nuansa instan dalam sebuah ruang. Termasuk pula dalam hal ini nuansa klasik.

Wallpaper Korea pada umumnya sering digunakan untuk menciptakan kesan klasik bagi ruangan. Motif wallpaper yang lebih mengusung warna-warna kalem dengan motif yang rapi dan tenang umumnya lebih cocok untuk diaplikasikan.

Selain wallpaper dengan motif korea, wallpaper dengan motif seperti susunan bata, tatanan patahan kayu dan ukiran kuno juga akrab untuk rumah dengan nuansa klasik. Dan menariknya dari sisi biaya, motif jenis ini termasuk harga wallpaper dinding murah yang dengan mudah diperoleh di toko-toko terdekat.

  • Furniture kayu sebagai aksesoris utama

Furniture kayu sebagai aksesoris utama

Selanjutnya langkah kedua yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah dengan nuansa klasik adalah dengan memadu-padankan kondisi ruangan dengan perabotan di dalamnya. Termasuk pula di sini dengan mengkombinasikan antara wallpaper konsep sederhana dengan perabotan atau furniture yang banyak menggunakan bahan kayu.

Warna dinding yang kalem, lantai dan kursi kayu menjadikan ruangan ini terasa demikian sederhana dan tenang.

Lemari hias berbahan kayu dengan ukiran, meja dan kursi yang juga terbuat dari kayu dengan sedikit tambahan kesan modern akan menambah kuat kesan klasik yang ingin ditampilkan.

Dan pada langkah ini, kayu tidak harus bertumpu pada kayu solid yang sudah semakin tidak mudah didapatkan. Kayu olahan dengan finishing yang sempurna juga tidak masalah untuk diaplikasikan. Kuncinya kemudian adalah bagaimana antara wallpaper korea  atau motif sederhana lain yang sudah dipilih, dapat matching dengan furniture yang ditempatkan.

Lantas bagaimana mendapatkan wallpaper yang tepat untuk rumah bernuansa klasik?

Ini sebenarnya gampang, dan biasanya pramuniaga toko wallpaper pun dapat membantu memilihkan tema yang tepat. Namun alangkah lebih baik dalam proses pemilihan ini, kita sudah siap dengan pilihan yang telah kita siapkan dari awal. Kita bisa mendowload-nya di internet, atau menunjukkan kira-kira wallpaper seperti apa yang kita inginkan.

Dan satu hal  lagi yang tidak kalah penting. Jangan terkecoh dengan harga. Karena belum tentu juga harga wallpaper dinding murah tidak dapat diaplikasikan. Pun sebaliknya, tidak pasti juga wallpaper dengan harga yang lebih mahal akan sesuai dengan nuansa klasik yang diinginkan.