Ingin Melengkapi Rumah Anda Dengan Kolam Renang Kaca? Ikuti 5 Tips Berikut

Kolam renang merupakan salah satu pelengkap bangunan di rumah, yang tidak hanya berfungsi sebagai area renang, namun juga sebagai hiasan rumah. Karena fungsinya sebagai penambah dekorasi rumah inilah, mulai muncul variasi kolam kaca di mana harga kaca tempered 10mm  sebagai bahan utamanya sangat terjangkau. Bagi yang ingin melengkapi rumah dengan kolam renang kaca ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fungsi dari kolam renang ini bisa lebih maksimal.

Tips Membuat Kolam Renang Kaca yang Aman dan Nyaman

Karena bahannya dari kaca, maka kolam renang ini seakan berbahaya, baik dari pembangunannya ataupun dalam pemakaiannya. Padahal jika menggunakan jasa konstruksi yang terpercaya, serta bahan yang aman, maka kolam renang kaca tidaklah membahayakan. Selain itu ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membuat kolam renang kaca yang aman dan nyaman

1. Sesuaikan Budget dengan Pilihan Kolam

Tips pertama agar pembangunan kolam kaca berjalan aman dan nyaman adalah dengan menyesuaikan budget terhadap kolam yang akan dibangun, terkait dengan ukuran dan bentuknya. Jika budget terbatas, jangan memaksakan diri untuk membuat kolam renang yang berukuran besar agar nantinya tidak terjadi masalah dalam biaya pembangunan. Selain itu, seseorang juga harus pandai menentukan bahan yang lebih praktis dan murah untuk pembangunan dengan memilih harga kaca tempered 10mm terpasang  yang terjangkau dan berkualitas.

2. Tentukan Lokasi yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi yang aman dan memiliki penataan dekorasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Karena kolam ini dibatasi dengan dinding kaca, maka peletakannya akan lebih indah di dalam rumah jika memiliki ruangan yang cukup besar. Namun jika ruangan dalam rumah sangat terbatas, tidak ada salahnya membangun kolam kaca di belakang rumah yang teduh, agar kaca tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.

3. Membangun Jendela di Atas Kolam kaca

Jika kolam di bangun dalam rumah, maka untuk menambah nilai estetikanya, lengkapi bagian atas kolam dengan atap skylight yang bisa membawa sinar dari luar masuk ke dalam. Selain memperindah tampilan kolam dengan cahaya alami dari luar, atap skylight juga akan mempermudah seseorang dalam melakukan perawatan dengan membersihkan bagian kolam yang sulit terlihat tanpa banyak bantuan cahaya listrik.

4. Perhatikan Keamanan Dinding dengan Penggunaan Kaca Standar

Setelah persiapan sebelum membuat kolam diperhatikan, maka selanjutnya adalah memperhatikan tingkat keamanan kolam dari bahan pembentuknya. Pastikan dinding kaca yang digunakan sesuai dengan standar pembuatan kolam agar tidak mudah pecah dan membahayakan penggunanya. Salah satunya adalah menggunakan dinding kolam dengan bahan kaca tempered di mana harga kaca tempered 10mm tidak begitu mahal di pasaran.

5. Pastikan Ukuran Dinding Kolam Sesuai Standar

Lantai di sekitar kolam juga sangat menentukan jenis dan ukuran dinding yang dipilih agar aman ketika digunakan. Standar yang sesuai bagi kolam renang kaca khususnya di dalam rumah adalah tinggi dinding kacanya lebih rendah dari permukaan lantai di sekitarnya. Selain tinggi dinding, ukuran ketebalan kacanya juga harus sesuai standar.

Beberapa tips dalam membangun kolam kaca ini bisa diterapkan bagi seseorang yang baru pertama kali membangunnya di rumah. Untuk lebih meningkatkan keamanan baik saat pembangunan ataupun ketika digunakan, maka akan lebih praktis jika memilih satu paket jasa pembuatan kolam, serta bahannya yang sudah terpasang, di mana secara umum harga kaca tempered 10mm terpasang cukup terjangkau.