Ingin Hunian Anda Terasa Lebih Hidup? Pahami dan Aplikasikan Pengaturan Interior Lighting Berikut Ini!

Perencanaan desain interior rumah baru tak hanya meliputi dekorasi furnitur saja. Ada perancangan yang tak kalah penting yaitu lighting interior atau penataan cahaya. Tata cahaya harus direncanakan supaya hunian terasa lebih hidup. Selain itu dengan menata cahaya sebaik mungkin, ruangan akan terlihat lebih estetis.

Nah mengingat lighting interior merupakan hal yang krusial, berikut akan kami jelaskan seluk beluk informasi lebih lengkapnya. Mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Interior Lighting

 

Lighting interior dapat diartikan sebagai pengaturan penerangan dalam suatu bangunan, termasuk rumah untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penghuninya. Interior lighting dapat menciptakan atmosfer tertentu pada ruangan.

Pencahayaan pada suatu ruangan juga sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi di sekitarnya. Misalnya seperti oleh warna dinding, jenis lantai, dan sebagainya. Adapun jenis lantai yang dapat memberikan efek positif terhadap pencahayaan adalah vinyl lantai. Sebab lantai jenis ini mengkilap dan dapat membantu penyebaran cahaya dalam ruangan menjadi lebih rata.

Jenis-JenisĀ Interior Lighting

Menurut sumbernya, lighting dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu daylighting atau pencahayaan alami dan artificial lighting atau pencahayaan buatan. Penataan cahaya untuk interior biasanya memanfaatkan jenis artificial lighting. Jenis pencahayaan artificial lighting ini sendiri menurut cakupan penyinarannya terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu seperti di bawah ini

1. General Lighting

 

General lighting adalah jenis pencahayaan utama yang menjadi sumber penerangan dalam suatu ruangan. Biasanya general lighting ditempatkan di titik tengah ruangan ataupun di beberapa titik yang menyebar secara simetris.

Karakteristik yang dihasilkan oleh jenis pencahayaan ini adalah penyebaran terang cahayanya menyeluruh ke semua sudut ruangan. Untuk menciptakan jenis pencahayaan ini biasanya digunakan lampu TL atau lampu downlight.

General lighting juga bisa diciptakan melalui sistem indirect ligting. Sistem ini meletakan sumber cahaya dibalik suatu bidang. Biasan cahaya yang dihasilkan dari sistem tersebut baik melalui dinding maupun vinyl lantai selanjutnya dimanfaatkan untuk menerangi keseluruhan ruangan.

Dengan menggunakan sistem pencahayaan ini, anda bisa menciptakan cahaya yang tersebar merata tanpa membuat mata silau. Bila anda ingin menciptakan nuansa hangat, anda bisa menggunakan lampu berwarna kuning

2. Task Lighting

 

Jenis pencahayaan yang satu ini merupakan pencahayaan yang diarahkan pada satu area atau titik tertentu dengan tujuan untuk menunjang anda melalukan suatu aktivitas. Dengan mengaplikasikan efek task lighting, anda bisa meminimalisir ketegangan mata anda saat melakukan kegiatan.

Misalnya yaitu seperti kegiatan membaca di lampu meja ruang kerja. Contoh lain yaitu lampu gantung atau chandelier yang ditempatkan pada plafon yang mengarah ke meja makan. Lampu ini akan mendukung kemudahan anda saat menyantap makanan.

Baca juga: Trik Hemat Menghangatkan Ruangan Anti Mahal

3. Accent Lighting

 

Accent Lighting merupakan pencahayaan yang fokus menyorot suatu objek atau benda supaya lebih terlihat menonjol. Contoh pengaplikasian Jenis pencahayaan ini misalnya diaplikasikan pada ruangan pameran karya seni untuk menyoroti lukisan, patung, atau hasil karya seni lainnya.

Jenis lampu yang biasanya digunakan untuk menghasilkan efek jenis pencahayaan ini adalah lampu spotlight atau wall lamp. Jenis lampu ini bisa memfokuskan konsentrasi pada objek yang disorotnya. Selain itu lampu ini menghasilkan bias cahaya yang kuat.

Nah itu dia ulasan mengenai pengertian dan jenis-jenis interior lighting. Dalam perencanaan penataan cahaya anda dapat mengaplikasikan salah satu atau gabungan dari beberapa jenis penataan cahaya di atas.

Pencahayaan lampu yang baik adalah yang tidak membuat mata silau. Namun tetap mendapatkan efek pantulannya baik melalui dinding maupun lantai. Soal jenis lantai, kami merekomendasikam anda untuk memasang vinyl. Selain mengkilap, harga lantai vinyl juga lebih terjangkau daripada jenis lantai lainnya. Selamat menata ruangan impian anda!