Hal Penting Dalam Mendesain Interior Panti Jompo, Seperti Apa ya?

Panti jompo merupakan tempat yang digunakan oleh masyarakat untuk menitipkan orang-orang yang sudah berusia lanjut. Orang-orang ini biasa disebut lansia. Para lansia memang sudah mengalami penurunan secara kemampuan sehingga perlu perlakuan khusus. Perlakuan yang diberikan juga hampir sama seperti merawat anak-anak. Jadi perlu sebuah kesabaran dan ketelatenan.

Keberadaan panti jompo sangat membantu. Masyarakat yang memiliki kesibukkan dapat menitipkan anggota keluarganya di panti jompo agar mendapatkan perawatan yang baik. Panti jompo juga biasa digunakan untuk menampung orang terlantar dan kurang beruntung. Karena fungsinya yang digunakan untuk melayani dan memfasilitasi para lansia maka perlu fasilitas dan desain khusus. Proses pembuatan dan perencanaan ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan para lansia.

Dalam pembuatan sebuah panti jompo tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain interior panti jompo.

Pencahayaan

Jangan samakan kemampuan kita dengan mereka yang sudah lanjut usia. Saat seseorang memiliki umur di atas 50an maka akan terjadi penurunan kemampuan organ tubuh termasuk mata. Orang-orang ini biasanya memiliki pandangan yang tidak sempurna. Oleh karena itu perlu pencahayaan yang baik.

Pada malam hari, pencahayaan ruangan haruslah terang. Pencahayaan yang samar-samar tentu akan membuat para lansia kesulitan melakukan kegiatan. Bagaimana bisa mereka berkegiatan jika pandangannya saja tidak jelas. Inilah manfaat cahaya dalam rumah. gunakan lampu yang terang.

Ruangan Kedap Suara

Orang tua biasanya tidak suka dengan suara bising. Suara-suara bising dari luar maupun ruangan lain akan terasa sangat mengganggu. Hal ini harus diantisipasi dengan tepat. Panti jompo pastinya dihuni oleh banyak orang. Orang-orang ini tentu saja memiliki kepentingan masing-masing. Ada yang suka menonton televisi, ada yang suka membaca, ada yang suka menyanyi dan lain sebagainya.

Baca juga: Perindah Lantai Depan Rumah Dengan Berbagai Kreasi Flooring

Berbagai macam hobi dan kebiasaan ini harus difasilitasi dengan baik. Salah satu cara mengantisipasi gangguan adalah dengan membuat ruangan yang kedap suara. Lansia yang suka membaca tidak boleh terganggu dengan suara bising televisi atau karaoke dan sebagainya. Sebaiknya ruangan yang berpotensi mengeluarkan suara bising dibuat kedap suara. Dinding ruangan bisa dipasangi rockwool.

Harga rockwool ini bermacam-macam tergantung jenis dan kualitas. Pada keperluan panti jompo maka sebaiknya beli rockwool dengan kualitas yang bagus. Barang yang bagus tentu saja akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Aksebilitas

Aksebilitas ini berhubungan dengan kegiatan berpindah tempat dan akses berbagai hal. Orangtua membutuhkan fasilitas yang berbeda dengan anak muda atau orang dewasa. Mereka sudah tidak mudah berjalan dan beberapa menggunakan kursi roda. Jadi bagaimana jika mereka akan naik tangga? Inilah yang menjadi perhatian bersama.

Dalam mendesain interior panti jompo sebaiknya gunakan stairlift. Stairlift akan membantu para lansia naik dan turun tangga. Cara kerja stairlift ini hampir mirip dengan escalator. Bedanya, para lansia hanya perlu duduk dan tangga berjalan keatas sendiri. Hal ini tentu sangat memudahkan kegiatan ketimbang harus berjalan naik dan turun tangga sendiri.

Hal-hal tersebut harus menjadi perhatian penting ketika akan mendesain interior panti jompo. Fasilitas dan pelayanan menjadi hal utama agar para lansia menjadi betah. Mendesain panti jompo sebaik mungkin juga akan membuat masyarakat percaya untuk menitipkan lansia disana.

Hal penting yang harus perhatikan adalah ruangan kedap udara. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan rockwool dan membelinya diberbagai toko. Banyak toko yang jual rockwool terutama toko karpet.