Fungsi dan Harga Pasir Beton Termurah

Fungsi dan Harga Pasir Beton Termurah

Pasir merupakan material yang sangat penting bagi berjalannya proses pembangunan, bahkan tanpa pasir sebuah gedung tidak dapat berdiri. Pasir bangunan tersebar luas di pasaran dengan harga pasir yang variatif tergantung jenis pasirnya. Namun tentu saja tidak sembarang pasir dapat digunakan untuk proses bangunan. Ada standar-standar tertentu (SNI SKSNI-S-04-1989-F:28) yang telah diterapkan untuk pasir sebagai bahan bangunan, yaitu:

  1. Agregat yang terkandung dalam pasir halus sebaiknya mengandung butiran yang bertekstur keras dan tajam. Angka kekerasannya adalah <2.2.
  2. Jika pasir dicampurkan dengan natrium sulfat, maksimal kerusakannya tidak boleh melebihi 12%.
  3. Jika pasir dicampurkan dengan magnesium sulfat, maksimal tidak boleh melebihi sebesar 10%.
  4. Pasir tidak boleh memiliki kandungan lumpur lebih dari 5%.
  5. Jika di dalam pasir kandungan agregatnya lebih dari 5%, maka pasir harus dicuci terlebih dahulu.
  6. Pasir tidak boleh terlalu banyak mengandung bahan organik. Sebelum didistribusi, pasir harus melewati pengujian warna Abrans-Harder dengan menggunakan larutan uji NaOH 3%.
  7. Harus memiliki struktur kehalusan modulus sebesar 1,5 hingga 3,8 untuk jenis pasir butir besar.
  8. Untuk mempertahankan beton agar memiliki tingkat keawetan yang tinggi, pasir harus bereaksi sebagai alkali negatif.
  9. Pasir yang berasal dari laut tidak diperbolehkan untuk digunakan menjadi agregat halus untuk beton bermutu kecuali ada panduan dan sudah diakui oleh lembaga bahan bangunan yang sudah bermutu.
  10. Pasir halus yang digunakan untuk spesi terapan serta plesteran terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan pasir pasangan.

Pasir memiliki banyak jenisnya tergantung fungsi yang dibutuhkan. Salah satu jenis pasir yang sangat populer di pasaran adalah pasir beton. Apa fungsi pasir beton? Berapakah harga pasir beton di pasaran?

Fungsi dan Harga Pasir Beton

Fungsi dan Harga Pasir Beton

Pasir beton merupakan pasir yang biasanya didapatkan dari kawah pegunungan dan sungai. Karakteristik pasir beton di antaranya:

  1. Warna hitam.
  2. Butiran keras, kasar, tajam dan berukuran sekitar 0.075 hingga 5.0 mm.
  3. Lumpur yang terkandung tidak lebih dari 4%. Untuk mengetahui apakah pasir mengandung lumpur atau tidak adalah dengan merendamnya ke dalam air, jika air berubah menjadi coklat dan keruh maka dapat dipastikan pasir tersebut mengandung lumpur yang cukup tinggi.
  4. Memiliki tingkat kehalusan yang tinggi.
  5. Ketika digenggam, pasir tidak akan menggumpal, akan kembali buyar ke bentuk semula.

Karena karakteristik yang dimiliki pasir beton, pasir ini dapat difungsikan sebagai material yang menguatkan dan merekatkan material lain. Selain itu pasir beton juga berfungsi untuk merekatkan batu bata dan batu, mengecor tembok dan fondasi bangunan, memplester tembok, dan juga sering kali dijadikan material halur untuk membuat beton precast.

Adapun harga pasir beton sangat variatif tergantung suplier dan lokasi penambangan pasir. Harga pasir beton termurah dipatok dengan harga 225.000 per meter kubik hingga yang termahal dapat mencapai 500.000 per meter kubik. Namun tentu saja dalam membeli pasir beton haruslah memperhatikan kualitas dan kuantitasnya. Salah satu kualitas yang harus diperhatikan adalah kandungan pasir yang seharusnya tidak memiliki ampas. Untuk mengujinya cobalah Anda ambil segenggam pasir dan masukan ke air, jika pasir di dalam air tidak langsung terurai berarti pasir Anda cukup berkualitas, namun jika yang terjadi adalah sebaliknya maka kemungkinan pasir Anda masih mengandung ampas. Ampas pada pasir akan mempengaruhi struktur bangunan seperti menjadi kurang kuat, kurang mulus, kurang merekat, dll. Sementara itu dari segi kuantitas yang harus Anda tekankan adalah supliernya, banyak suplier yang menipu yang memasukkan balok ke dalam truk agar pasir yang Anda beli terlihat penuh. Untuk memastikan kualitas dan kuantitas pasir, ada baiknya Anda ikut memantau jalannya transaksi jual beli pasir beton tersebut.