Cara paling Ampuh Bersihkan Kaca Sesuai Jenisnya

Kegiatan membersihkan kaca merupakan hal yang melelahkan. Terkadang, pekerjaan ini menjadi hal yang paling dijauhi dikarenakan banyak menghabiskan waktu dan tenaga. Terlebih lagi, kaca merupakan benda yang paling cepat kotor karena merupakan tempat menempelnya banyak kotoran dan debu.

Membersihkan kaca tidak bisa sembarangan dan dengan cara yang sama. Hal ini dikarenakan beberapa kaca di rumahmu memiliki ukuran dan bahan yang berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kaca yang tebal, ada juga yang tipis. Ada yang punya daya sensitivitas yang tinggi, dan ada juga yang kuat. Untuk itulah, beda bahan dan jenis, beda juga cara membersihkannya.

Cara Bersihkan Kaca Berdasarkan Bahan dan Jenis Kaca

Ada beberapa jenis kaca yang mana cara membersihkannya memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Simak beberapa jenis kaca dan bagaimana cara membersihkannya:

1. Jendela Standar

Jendela Standar

Jendela kaca merupakan jenis kaca yang standar dan paling mudah untuk dibersihkan. Agar lebih mudah dibersihkan, diharapkan dipasang dengan ketinggian standar. Tidak terlalu tinggi dan tidak kerendahan. Ada beberapa cara membersihkan jendela kaca standar, diantaranya yaitu:

  • Gunakan Peralatan Kebersihan Dapur

Kamu bisa menggunakan peralatan dapur yang seadanya seperti spons cuci piring, ember, kaos yang sudah usang ataupun kain sprei yang tidak digunakan lagi.

  • Gunakan Bahan Kebersihan Alami

Jika kamu tidak menyukai bahan pembersih yang mengandung kimia, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti larutan cuka yang dicampur dengan air untuk memberishkan kaca jendela.

  • Gunakan Larutan Lemon

Lemon sangat ampuh dalam mengatasi noda membandel pada bahan kaca. Kamu bisa gunakan perasan lemon yang dicampurkan dengan air dengan takaran yang sama.

2. Kanopi Kaca (Skylight)

Kanopi Kaca

Kanopi kaca pada atap rumahmu akan semakin terkesan indah dan natural. Namun, perlu diketahui pada saat membersihkannya. Debu dan bekas tetesan hujan yang mengering akan menimbulkan kusam pada kaca rumahmu. Untuk proses pembersihan kanopi jenis ini, kamu bisa meminta jasa pembersihan profesional dikarenakan letaknya yang tidak aman. Perlu diketahui bahwa kanopi jenis ini harus sering dibersihkan daripada jendela-jendela biasanya.

3. Pintu Geser Kaca

Pintu Geser Kaca

Berbeda dengan kanopi kaca, pintu geser kaca  ataupun jendela kaca akan lebih mudah proses pembersihannya, namun karena sifat kacanya, maka intensitas pembersihannya harus lebih sering dibandingkan dengan bahan yang lain. Kamu bisa menggunakan bahan pembersih apapun, baik yang alami maupun yang kimia untuk membersihkannya. Gunakan spons pembersih yang lebih besar bagi pintu atau jendela kaca yang mempunyai ukuran yang lebih besar.

4. Bilik Shower Kaca

Bilik Shower Kaca

Banyak shower yang menggunakan kaca sebagai bahan utamanya. Namun terkadang, percikan air yang mengering akan menimbulkan noda pada dinding kaca. Idealnya, proses pembersihan dilakukan seminggu sekali. Kamu juga bisa menyiapkan kain ataupun spons pembersih di dekat shower agar kaca shower dapat dibersihkan setiap kali selesai mandi. Hindari berbagai bahan pembersih kimia pada ruangan yang kecil seperti di shower ini dikarenakan akan menyesakkan ketika bernapas.

5. Cermin

Cermin

Terakhir  adalah cermin yang ada di rumahmu. Kamu bisa gunakan alkohol yang diaplikasikan pada kain katun untuk membersihkan cermin. Untuk hasil terbaik, kamu juga bisa gunakan bahan mikrofiber pengganti katun untuk membersihkan cermin.

Itulah beberapa cara bersihkan kaca sesuai dengan jenisnya. Kenali berbagai jenis kacanya terlebih dahhulu, barulah mulai bergerak untuk membersihkannya, agar apa yang diharapkan seperti mendapatkan kaca rumah yang bersih dapat tercapai dengan mudah. Kaca menjadi lebih awet dan bersih.