Anda Memiliki Ruang Kecil di Rumah yang Tidak Fungsional? Manfaatkan Menjadi Ruangan Menarik Seperti Berikut!

Tempat Bermain dan Menyimpan Mainan Anak

Rumah yang terlalu besar, seringkali menyisakan ruang kecil yang tidak bermanfaat, sehingga dibiarkan disfungsi begitu saja. Hal ini disebabkan karena ruangan kecil tersebut tidak cukup jika dimanfaatkan sebagai kamar tidur baru, ataupun ruang keluarga yang membutuhkan area lebih luas. Padahal ada beberapa pemanfaatan yang bisa digunakan untuk memaksimalkan ruangan tersebut dengan sedikit keterampilan dan pengunaan wallpaper dinding murah sebagai bahan pendukungnya.

Pemanfaatan Ruang Kecil di Rumah

Walaupun terlihat tidak bermanfaat karena sisa ruangan terlalu kecil, namun ada beberapa inspirasi yang bisa digunakan untuk menyulap ruangan kecil di rumah lebih fungsional. Berikut ini adalah beberapa penggunaan ruangan kecil di rumah agar lebih bermanfaat bagi penghuni rumah.

1. Ruang Baca yang Menarik

Ruang Baca yang Menarik

Mayoritas orang menata buku-buku bacaan di rak buku yang terletak di ruang tengah, ataupun ruang kerja, padahal buku bukan hanya sebagai pajangan, namun sebagai sumber ilmu yang harus dibaca. Untuk memaksimalkan manfaat buku, maka ubahlah ruangan kecil di rumah menjadi ruang baca yang menarik.

Sediakan kursi dan meja kecil agar membaca terasa lebih nyaman dan santai, serta karpet lembut untuk sekadar bersantai di ruang baca. Hiasi dindingnya menggunakan wallpaper yang bisa didapatkan di berbagai toko yang jual wallpaper dinding, dan tempel beberapa tulisan terkait dengan manfaat dan keutamaan membaca. Dengan demikian dinding akan terlihat lebih menarik dan membawa semangat membaca bagi penghuninya.

2. Ruang Santai

Ruang Santai

Walaupun dalam rumah sudah terdapat ruang keluarga untuk bersantai ataupun menonton televisi, namun tidak ada salahnya jika ingin memanfaatkan ruang kecil sebagai tempat santai. Sediakan kursi goyang serta  tanaman hijau untuk bermalas-malasan di ruangan tersebut.

Ruang santai ini bisa dihiasi  wallpaper dinding murah dengan motif sesuai selera, agar terasa lebih nyaman dan memberikan suasana baru bagi pemilik rumah. Jika memungkinkan, tambahkan jendela kaca pada ruangan ini, agar ketika bersantai, penghuni rumah bisa sambil menikmati suasana di luar ruangan.

3. Tempat Bermain dan Menyimpan Mainan Anak

Tempat Bermain dan Menyimpan Mainan Anak

Jika penghuni rumah memiliki anak kecil, maka alangkah baiknya jika ruangan kosong dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan berbagai mainan anak-anak. Mengingat mainan anak sendiri sering kali berserakan di segala tempat sehingga membuat ruangan terlihat tidak rapi.

Dengan menyediakan rak kecil untuk mainan anak-anak, serta menggantungkan ayunan di dalamnya, maka anak akan bebas bermain dengan santai tanpa khawatir berantakan. Orang tua juga bisa menambahkan wallpaper dengan karakter yang menjadi selera anak dan bisa dibeli di toko yang jual wallpaper dinding terpercaya.

4. Ruang Ibadah

Ruang Ibadah

Bagi orang yang taat beragama, ruang ibadah biasanya sudah dibangun sejak awal perencanaan pembangunan rumah. Namun beberapa orang seringkali menggabungkan tempat ibadah dengan kamar tidur. Daripada ruangan kecil dibiarkan kosong dan menjadi rumah makhluk halus, maka alangkah baiknya jika dimanfaatkan sebagai tempat beribadah.

Selain sebagai pengingat seseorang kepada Tuhan, ruang ibadah khusus dalam rumah juga bisa menjaga kebersamaan keluarga agar melaksanakan ibadah secara bersama-sama. Ruangan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat mengajarkan anak-anak cara beribadah, dan mengaji. Tambahkan rak kecil untuk menaruh perangkat ibadah, Al Qur’an, buku mengaji, dan buku-buku tata cara beribadah.

Empat pemanfaatan ruang kosong ini sangat berguna bagi seseorang yang memiliki ruangan kecil di rumah agar lebih fungsional. Sesuaikan kebutuhan yang lebih diperlukan sebelum memilih salah satu di antara ke empat pemanfaatan ruangan di atas. Jangan lupa untuk menyiapkan wallpaper dinding murah dari Greenwall.co.id sebagai hiasan pendukungnya untuk meminimalisir biaya perombakan.