4 Kiat Penting Membersihkan Pintu Kaca Frameless Agar Tidak Rusak

Di era modern ini hampir setiap bangunan dan hunian didominasi oleh material kaca. Material kaca yang mampu menghadirkan kesan mewah serta elegan menjadikan penggunaannya begitu populer dalam segala aspek interior suatu bangunan. Bukan hanya sekedar digunakan sebagai material jendela, namun kini penggunaannya sangat diperlukan dalam pembuatan pintu ataupun pembatas ruangan. Dan saking populernya, saat ini sudah banyak hunian yang mengganti pintu dengan pintu kaca tempered atau jenis frameless.

Pintu berbahan kaca tempered atau framless didesain sangat unik dan antimainstream, di mana pintu sengaja didominasi oleh material kaca yang tanpa dipasangi kusen pada bagian sisi-sisinya. Ajaibnya desain ini memang mampu memberikan kesan yang sangat mewah dan elegan dalam setiap hunian atau ruangan. Tak heran penggunaanya pun semakin populer diseluruh lapisan masyarakat, mulai dari hunian modern, hingga bangunan perkantoran.

Namun dalam penggunaan material kaca pada pintu, tidak semua orang memahami perawatannya dengan baik. Dalam membersihkan pintu kaca jenis frameless banyak orang melakukannya secara asal dan sembarangan hingga sering terjadi kerusakan seperti retak atau pecah. Padahal seharusnya dalam membersihkan pintu kaca setiap orang harus berhati-hati dan melakukannya dengan cara yang tepat. Lalu bagaimana cara membersihkan pintu kaca khususnya jenis frameless agar tidak mudah terjadi kerusakan?? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simaklah uraian berikut ini!!

4 Kiat Membersihkan Pintu Kaca Frameless

Pintu dengan material kaca tempered atau frameless akan mudah terjadi kerusakan apabila dalam proses pembersihannya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukan pembersihan pada pintu bermaterial kaca dengan kiat atau cara yang tepat. Berbagai kiat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Pembersihan Secara Terjadwal

Membersihkan pintu kaca frameless berbeda dengan jenis pintu lain pada umumnya. Pintu yang memiliki material kaca terutama jenis frameless akan sangat rentan terjadi kerusakan apabila terlalu sering dibersihkan. Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan pada pintu jenis framless secara berkala dan terjadwal. Anda tidak perlu repot harus membersihkannya setiap hari, namun pembersihan bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 minggu.

Baca Juga : Ingin Melengkapi Rumah Anda dengan Kolam Renang Kaca? Ikuti 5 Tips Berikut

2. Gunakan Cairan Pembersih Kaca Khusus

Jika tidak ingin terjadi kerusakan pada pintu kaca tempered atau jenis frameless, maka gunakanlah cairan pembersih kaca khusus yang memang diperuntukan untuk kaca. Hindari menggunakan sabun detergen dan sejenisnya yang bisa merusakan kualitas atau permukaan kaca. Bagaimana pun kaca merupakan salah satu material yang sangat sensitif sehingga pemilihan cairan pembersih khusus benar-benar diperlukan.

3. Bersihkan Pintu Kaca Secara Perlahan

Pintu kaca frameless akan sangat rentan terjadi kerusakan seperti retak atau pecah jika dalam membersihkannya tidak dilakukan dengan baik. Sensitifitasnya sangat tinggi, sehingga pada saat membersihkan sebaiknya lakukanlah secara perlahan dan lembut. Hindari untuk melakukan gerakan berlebihan seperti mendorong kaca, saat hal itu terjadi maka akan sangat beresiko menimbulkan retakan atau bahkan lebih buruknya lagi kaca bisa terjatuh dan pecah.

4. Gunakan Alat Pembersih Kaca yang Bertekstur Lembut dan Aman

Dalam membersihkan pintu kaca jenis frameless Anda harus memerhatikan dengan baik peralatan yang digunakan. Untuk menghindari segala kerusakan, sebaiknya gunakanlah berbagai alat pembersih yang bertekstur lembut dan tentunya aman untuk material kaca. Hindari untuk menggunakan sikat yang berbulu tajam atau kain yang bertekstur kasar karena bisa membuat permukaan kaca tergores dan mengalami retakan.